FACHRIAN GIOVALKA , 1615021008 (2022) PENGARUH MEDIA QUENCHING TERHADAP KEKUATAN TARIK BAJA AISI 1045. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1145Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (817Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGARUH MEDIA QUENCHING TERHADAP KEKUATAN TARIK BAJA AISI 1045 Oleh Fachrian Giovalka Baja karbon AISI 1045 adalah baja paduan karbon sedang yang saat ini banyak digunakan sebagai bahan utama pada mesin yaitu gear, batang penghubung piston pada kendaraan bermotor, dan untuk membuat poros pada mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media quenching terhadap sifat mekanik dan struktur mikro Baja AISI 1045. Penelitian ini menggunakan spesimen berupa Baja AISI seri 1045 yang diberikan perlakuan panas 850 o C selama 60 menit, kemudian di quenching dengan media pendingin berupa air, air garam dan oli. Selanjutnya dilakukan pengujian tarik terhadap baja AISI 1045 sebelum dan sesudah dilakukannya perlakuan panas quenching. Hasil uji tarik yang didapatkan nilai kekuatan tarik maksimum sebelum dilakukan perlakuan panas sebesar 693,7 MPa. Hasil uji tarik setelah dilakukan perlakuan panas quenching dengan media air, air garam dan oli diperoleh kekuatan tarik maksimum sebesar 2272,4 MPa, 2324,8 MPa dan 1996,8 MPa. Pengujian struktur mikro hasil yang diperoleh sebelum dilakukan perlakuan panas struktur yang mendominasi yaitu ferrit dan pearlit, pearlit dan ferit merupakan fasa awal dari baja karbon yang memiliki sifat lunak dan keras, keduanya memiliki butir yang besar dan kasar, setelah dilakukan perlakuan panas muncul fasa martensit dimana fasa ini memiliki sifat yang keras. Kata kunci: AISI 1045, quenching, air, air garam, Oli SAE 40, kekuatan tarik, strukturmikro. ABSTRACK THE EFFECT OF MEDIA QUENCHING ON THE TENSIL STRENGTH OF AISI STEEL 1045 By Fachrian Giovalka AISI 1045 carbon steel is a medium carbon alloy steel that is currently widely used as the main material in engines, namely gears, piston connecting rods in motor vehicles, and to make shafts in engines. This study aims to determine the effect of quenching media on the mechanical properties and microstructure of AISI 1045 Steel. This study used a specimen in the form of AISI 1045 Steel which was given heat treatment at 850℃ for 60 minutes, then quenched with cooling media in the form of water, salt water and oil. Furthermore, tensile testing of AISI 1045 steel was carried out before and after quenching heat treatment. The tensile test results obtained the maximum tensile strength value before heat treatment was 693.7 MPa. The results of the tensile test after quenching heat treatment with water, salt water and oil media obtained maximum tensile strength of 2272.4 MPa, 2324,8 MPa and 1996,8 MPa. Microstructure testing results obtained before heat treatment of the dominating structure, namely ferrite and pearlite, pearlite and ferrite are the initial phases of carbon steel which have soft and hard properties, both have large and coarse grains, after heat treatment a martensite phase appears where This phase is hard. Keywords : AISI 1045,quenching, water, brine, SAE 40 oil, tensile strength,microstructure.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 660 Teknik kimia 600 Teknologi (ilmu terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin |
Pengguna Deposit: | 2208401521 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:51 |
Terakhir diubah: | 23 Aug 2022 03:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65443 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |