PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PPKn TERHADAP PERILAKU MORAL PESERTA DIDIK

NOVITA SARY, 1813032051 (2022) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PPKn TERHADAP PERILAKU MORAL PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1535Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1284Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan memiliki peranan yang begitu penting dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat seseorang, yang bertujuan agar dapat mencapai status kehidupan yang lebih baik. Pada pelaksanaannya, pendidikan sering kali menemui berbagai permasalahan maupun kendala yang salah satunya ialah degradasi moral yang sering dialami oleh peserta didik. Seandainya jika permasalahan tersebut dibiarkan saja terjadi secara terus menerus, maka hal tersebut tentu berpengaruh pada pembentukan perilaku peserta didik sehingga dapat mengarah kepada hal yang negatif. Dengan demikian, perlu adanya peran serta dari pihak sekolah terutama guru dalam mengatasi permasalahan degradasi moral yang dihadapi oleh peserta didik. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, maka hendaknya seorang guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang baik sehingga dapat memberikan teladan kepada peserta didik. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu observasi dan angket serta teknik penunjang yaitu wawancara. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru PPKn di SMA Negeri 1 Trimurjo Lampung Tengah dilihat dari kegiatan pembelajarannya memberikan pengaruh terhadap perilaku moral peserta didik. Guru PPKn cukup mampu menerapkan kompetensi kepribadian guru dengan baik dalam setiap perilaku dan tindakannya di lingkungan sekolah, meskipun memang terdapat beberapa perilaku dan tindakan yang penerapannya kurang optimal seperti kedisiplinan, sikap ramah, membuat suasana kelas menjadi kondusif dan nyaman, serta sikap perhatian akan permasalahan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran. Kata kunci: Degradasi Moral, Perilaku Moral, dan Kompetensi Kepribadian Guru PPKn

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2208662090 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2022 08:13
Terakhir diubah: 23 Aug 2022 08:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65462

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir