KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU PADA ANAK LAMBAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi Komunikasi Verbal dan Nonverbal Guru di Sekolah Inklusi SMP Negeri 14 Bandar Lampung)

Adinda Aisyah Putri, 1516031036 (2022) KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU PADA ANAK LAMBAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi Komunikasi Verbal dan Nonverbal Guru di Sekolah Inklusi SMP Negeri 14 Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1319Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (907Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi antarpribadi yang dilakukan guru di sekolah inklusi SMP Negeri 14 Bandar Lampung pada siswa yang dikategorikan sebagai anak berkebutuhan khusus yaitu lamban belajar dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian berupa data primer dan sekunder yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa guru menggunakan komunikasi verbal berupa lisan dan tulisan, serta komunikasi nonverbal berupa bahasa tubuh, sentuhan dan parabahasa. Komunikasi verbal dan nonverbal guru yang dikaitkan dengan lima aspek efektivitas komunikasi Joseph A. Devito terbukti berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa lamban belajar. Aspek yang paling berperan adalah mendukung, sedangkan aspek yang kurang berperan adalah kesetaraan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya komunikasi antarpribadi yang dilakukan guru, siswa lamban belajar menjadi lebih percaya diri dalam proses pembelajaran, siswa lamban belajar menjadi lebih giat belajar, dan nilai akademik siswa meningkat. Kata kunci: Komunikasi Antarpribadi, Anak Lamban Belajar, Motivasi Belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2203493869 . Digilib
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:18
Terakhir diubah: 25 Aug 2022 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65717

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir