, Hj. Nila Ariza (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA SISWA KELAS V.A SD NEGERI 1 PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (38Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika materi volume kubus dan balok. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika materi pokok volume kubus dan balok melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas V.A SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampug Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V.A SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Hasil yang diperoleh dalam PTK ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya presentase keaktifan siswa dalam belajar sebesar 60 % pada siklus I dan 69,44 % pada siklus II. Serta presentase ketuntasan beljar siswa sebesar 62,5 % pada siklus I dan 73,68 % pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika materi pokok volume kubus dan balokmelalui pembelajran kooperattif tipe TPS pada siswa kelas V.A SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Sehingga disarankan pada guru guru dalam mengajarkan matematika untuk dapat menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat lebih meningkat. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe TPS, aktivitas siswa, hasil belajar matematika siswa
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 03 Feb 2014 04:07 |
Terakhir diubah: | 03 Feb 2014 04:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/660 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |