PENGARUH MEDIA VIRTUAL LABORATORY DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH PADA MATERI HUKUM OHM

ASIH SETIANA, 1813022036 (2022) PENGARUH MEDIA VIRTUAL LABORATORY DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH PADA MATERI HUKUM OHM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3043Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media virtual laboratory menggunakan model Problem Based Learning terhadap peningkatan keterampilan komunikasi ilmiah pada materi hukum Ohm. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode Quasi experimental menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Banjar Agung pada kelas sampel yaitu X A Multimedia tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 28 siswa. Data keterampilan komunikasi ilmiah siswa materi hukum Ohm diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji hipotesis menggunakan uji Paired sample t-test. Hasil penelitian ini diperoleh nilai N-Gain sub materi hukum Ohm sebesar 0,63 kategori sedang dan sub materi hambatan kawat listrik sebesar 0,67 kategori sedang. Hasil uji Paired sample ttest dari dua sub materi diperoleh nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 sebesar 0,000. Peningkatan capaian rata-rata indikator keterampilan komunikasi ilmiah pada kedua sub materi mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media virtual laboratory dengan model problem based learning berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan komunikasi ilmiah siswa. Kata kunci: keterampilan komunikasi ilmiah; hukum Ohm; model problem based learning; virtual laboratory

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208743203 . Digilib
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:14
Terakhir diubah: 28 Sep 2022 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66357

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir