PENGARUH INTENSITAS MODAL, INTENSITAS PERSEDIAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi pada Perusahaan Pertambangan Terdaftar BEI)

Ikhsan Irmi, 1811031066 (2022) PENGARUH INTENSITAS MODAL, INTENSITAS PERSEDIAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi pada Perusahaan Pertambangan Terdaftar BEI). Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1310Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1108Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh intensitas modal, intensitas persediaan, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak. Berdasarkan kondisi penerimaan pajak dan pencapaian rasio pajak dalam menilai kinerja penerimaan pajak, Indonesia belum mampu mencapai target bahkan sejak tahun 2013. Ada banyak motivasi yang mendorong perusahaan untuk melakukan agresivitas pajak baik secara legal maupun ilegal. Oleh karena itu, penelitian ini diperlukan untuk mengetahui pengaruh intensitas modal, intensitas persediaan, leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang bersumber dari laporan keuangan tahunan perusahaan pertambangan non-migas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian 2016 hingga 2020 yang diakses melalui website www.idx.co.id. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel. Hasil uji menunjukkan bahwa intensitas modal berpengaruh positif signifikan dan profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan tambang non-migas. Sementara itu, intensitas persediaan, leverage, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan tambang nonmigas. Penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan pertambangan non-migas cenderung melakukan agresivitas pajak melalui profitabilitas yang tinggi daripada intensitas modal, intensitas persediaan, leverage, dan ukuran perusahaan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 2208003705 . Digilib
Date Deposited: 04 Oct 2022 00:46
Terakhir diubah: 04 Oct 2022 00:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66520

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir