Ekatanri Magandha Pakurti, 1813021053 (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Pesawaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRAK.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1289Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1243Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Pesawaran semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 221 siswa yang terdistribusi ke dalam tujuh kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 32 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest�posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data penelitian ini menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji proporsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis terkategori baik pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih dari 60%. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran matematika realistik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2208181455 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 00:42 |
Terakhir diubah: | 06 Dec 2022 00:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67335 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |