EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023)

Novri Susanti, 1813021037 (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1965Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1910Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan realistik ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-C yang terdiri dari 28 siswa dan VII-B yang terdiri dari 26 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran matematika realistik efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2208353832 . Digilib
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:03
Terakhir diubah: 06 Dec 2022 01:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67338

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir