PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN NUMERASI SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS

Deka Luffi Ramayani, 1813022018 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN NUMERASI SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2654Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1627Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pada pembelajaran berbasis proyek untuk mengukur kemampuan literasi sains dan numerasi siswa pada materi getaran harmonis yang valid, reliabel dan praktis. Desain pengembangan dilaksanakan menggunakan metode Research and Development dengan 7 langkah pengembangan mengadaptasi dari Borg & Gall (1989) yang meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan dan revisi produk operasional. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi dan bahasa, hasil validasi ahli instrumen penilaian sebesar 90,65% dengan kategori sangat valid sehingga instrumen penilaian layak untuk digunakan. Hasil uji coba lapangan pada 36 siswa dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 4.5.1. Hasil analisis data uji coba diperoleh 19 butir soal instrumen kemampuan literasi sains dan 12 butir soal instrumen kemampuan literasi numerasi dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen asesmen literasi sains dan numerasi juga dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach berturut-turut sebesar 0,90 dan 0,80 dengan kategori reliabilitas bagus sekali dan bagus. Uji kepraktisan instrumen memperoleh rata-rata skor penilaian kepraktisan sebesar 85,83 dan termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Produk akhir instrumen asesmen pada pembelajaran berbasis proyek untuk mengukur kemampuan literasi sains dan numerasi siswa pada materi getaran harmonis yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen, yaitu valid, reliabel dan praktis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2208939438 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:19
Terakhir diubah: 15 Dec 2022 01:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67650

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir