PENGARUH PERANAN GURU PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH

Afis Hafifah Hasanah, 1813032044 (2022) PENGARUH PERANAN GURU PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ASBTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1673Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1231Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Menghadapi tantangan pada abad 21, pemerintah membentuk program Guru Penggerak untuk mencanangkan Profil Pelajar Pancasila dan membentuk Pelajar Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran guru penggerak dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket serta teknik penunjang yaitu wawancara dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas IX sebanyak 56 peserta didik. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Guru Penggerak di SMP Negeri 2 Semaka Tanggamus dilihat dari kegiatan pembelajaran maupun kegiatan diluar pembelajaran yang memberikan perubahan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Guru Penggerak cukup mampu menerapkan perannya denga baik disetiap perilaku dan tindakannya di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Guru Penggerak, Karakter, Pelajar Pancasila

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301674946 . Digilib
Date Deposited: 21 Dec 2022 08:23
Terakhir diubah: 21 Dec 2022 08:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67967

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir