PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LITERASI KEUANGAN, TEMAN SEBAYA DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN FASHION PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Fadia Haya Tabayun, 171301041 (2021) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LITERASI KEUANGAN, TEMAN SEBAYA DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN FASHION PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK FADIA HAYA TABAYUN - fadia haya.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img] File PDF
2. DRAFT SKRIPSI FADIA HAYA TABAYUN TANPA LAMPIRAN - fadia haya.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. DRAFT SKRIPSI FADIA HAYA TABAYUN TANPA PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN - fadia haya.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua, literasi keuangan, teman sebaya dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif pembelian fashion pada mahasiswa pendidikan ekonomi. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi angkatan 2017-2020 FKIP. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 73 orang mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F serta diolah dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua, literasi keuangan, teman sebaya dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif pembelian fashion pada mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Lampung dengan kadar determinasi sebesar 0,615 atau 61,5% perilaku konsumtif mahasiswa dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orang tua, literasi keuangan, teman sebaya dan pengendalian diri, serta sisanya yaitu 38,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Keuangan, Teman Sebaya, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif. The research aims to determine the influence of parents’ social-economic status, financial literacy, peer, and self-control on fashion purchasing consumptive behavior of economic education students. The research method used a verificative description with an ex post facto and survey approaches. The populations were economic education students in class of 2017-2020 of Teacher Training and Education Faculty in the University of Lampung. The number of samples was 73 students who were taken by simple random sampling technique. Then, the data collection technique was through questionnaire. The hypotheses were tested through t test and f test and processed by SPSS program. The analysis results showed that there was any influence of of parents’ social-economic status, financial literacy, peer, and self-control on fashion purchasing consumptive behavior of economic education students of Teacher Training and Education Faculty in the University of Lampung with the determinant rate of 0.615 or 61,5% their consumptive behavior was influenced by parents’ social-economic status, financial literacy, peer, and self-control. On the other hand, the rest of 38,5% was influenced by other factors. Keywords: consumptive behavior, financial literacy, peer, parents’ social- economic status, self-control

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:36
Terakhir diubah: 10 Jan 2023 08:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68170

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir