PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANGTUA DAN ANAK TENTANG PENDIDIKAN SEKS TERHADAP PERILAKU SEKS PRA NIKAH (Studi Kasus Pada Siswa SMA Negeri 9 Palembang)

MAJIDAH , NAURAH SALSABILA (2022) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANGTUA DAN ANAK TENTANG PENDIDIKAN SEKS TERHADAP PERILAKU SEKS PRA NIKAH (Studi Kasus Pada Siswa SMA Negeri 9 Palembang). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4085Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4085Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Fenomena maraknya perilaku seksual pranikah pada remaja juga terjadi di kota Palembang. Masih banyak sekali masyarakat terlebihnya para orangtua yang masih beranggapan bahwasannya Pendidikan seks adalah hal yang kurang sopan untuk didiskusikan dengan anak. Melakukan aktivitas seksual di usia terlalu muda bias membawa efek negatif yang akan menetap hingga dewasa. Karena itu komunikasi interpersonal berperan penting dalam mewujudkan komunikasi antara orangtua dengan anak mengenai Pendidikan seks pranikah. Kurangnya intensitas komunikasi antara orang tua dan anak tentang Pendidikan seks membuat anak mendapatkan informasi tersebut dari faktor lainnya seperti media internet dan lingkungan sekitar mereka. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi interpersonal dan teori S- O-R. Tipe penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Jumlah sampel dalam penelitian ini 100 responden dengan kriteria seorang siswa/i yang sedang menempuh Pendidikan di SMA N 9 Palembang, berumur 14-18 tahun serta tinggal bersama orangtua. Penentuan sampel dilakukan menggunakan Teknik purposive sampling. Berdasarkan perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara komunikasi interpersonal orangtua dan anak tentang pendidikan seks terhadap perilaku seksual siswa/i SMA N 9 Palembang sebesar 21,1% sedangkan sisanya 78,9% di pengaruhi faktor lainnya seperti pengaruh demografi sekolah tersebut. Hipotesis yang diajukan diterima dibuktikan dengan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301251981 . Digilib
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:03
Terakhir diubah: 10 Jan 2023 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68186

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir