GAYA BAHASA PADA NOVEL MANUSIA SETENGAH SALMON KARYA RADITYA DIKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

DARMAWAN , RICO ADI (2022) GAYA BAHASA PADA NOVEL MANUSIA SETENGAH SALMON KARYA RADITYA DIKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3354Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3280Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa pada novel Manusia Setengah Salmon karya Raditya Dika dan mengetahui implikasinya pada pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Manusia Setengah Salmon karya Raditya Dika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka mencakup membaca, mencatat, dan mengolah data. Setelah data sudah di dapat selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukkan 4 jenis gaya bahasa yang di teliti dalam novel Manusia Setengah Salmon yang berjumlah 74 data. Dari data yang telah diteliti gaya bahasa yang paling banyak ditemukan adalah gaya bahasa perbandingan dan gaya bahasa hiperbola dan jenis gaya bahasa yang ada dalam novel Manusia Setangah Salmon diominasi oleh gaya bahasa perumpamaan, gaya bahasa hiperbola dan gaya bahasa antifrasis. Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran sastra di SMA dengan standar kompetensi 3.9 meganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis sebagain bahan ajar pada pembelajaran gaya bahasa. Penelitian ini diharapkan bisa dijadikan sebagai bahan ajar atau bahan rujukan bagi guru dalam pembelajaran mengenai materi gaya bahasa pada siswa dan bisa mengajarkan jenis gaya bahasa yang lain, selain yang ada dalam penelitian ini. Kata kunci: gaya bahasa, novel, dan implikasi pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301961229 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:05
Terakhir diubah: 25 Jan 2023 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68468

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir