STRATEGI PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG DALAM MENEKAN ANGKA PENGANGGURAN DI ERA COVID-19 (Studi Pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja)

NADYA , PUTRI MARSEILA (2023) STRATEGI PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG DALAM MENEKAN ANGKA PENGANGGURAN DI ERA COVID-19 (Studi Pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2043Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1025Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengangguran merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh setiap daerah, tak terkecuali Provinsi Lampung. Pengangguran bertambah saat wabah Covid-19 melanda. Disnakerprov. Lampung berupaya untuk menekan angka pengangguran tersebut dengan melaksanakan program sebagai strategi adalah pemagangan dalam negeri dan pelatihan berbasis kompetensi, tak terkecuali di era Covid-19 yang ditangani oleh Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja. Dengan beberapa upaya tersebut, Tingkat Pengangguran Terbuka di Provinsi Lampungpun dapat ditekan dan menurun pada tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan 3 indikator implementasi strategi menurut Higgins (Salusu 2006) yaitu perencanaan integral dan sistem pengendalian; kepemimpinan, motivasi, dan sistem komunikasi; serta manajemen sumber daya manusia dan kultur organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengimplementasiannya, strategi yang dijalankan oleh Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja ini terdapat strategi induk, perencanaan antara (program), sasaran, perencanaan operasional, serta sistem pengendalian yaitu monitoring yang menunjukkan 100% target dari program tersebut tercapai. Program-program tersebut dapat mencapai target dikarenakan gaya kepemimpinan situasional yang diterapkan, motivasi positif dan negatif yang diberikan, serta sistem komunikasi yang juga diselenggarakan. Selain itu, didukung dengan manajemen sumber daya yang dimulai dari rekrutmen, pengembangan dan pelatihan SDM, pemeliharaan SDM, serta kultur organisasi yang mengutamakan komunikasi antar pegawai tanpa melupakan hierarki. Kata kunci: Strategi menekan angka pengangguran, pengangguran, Covid-19

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2301906755 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:29
Terakhir diubah: 01 Feb 2023 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68643

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir