Sofan, Irawan (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN OPEN ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Studi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2124Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
skripsi tanpa bab pembahasan.pdf Download (3551Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian eksperimen semu ini didasari oleh fakta bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia khususnya di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar masih rendah sehingga diperlukan suatu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan desain post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Ajaran 2022/2023 sejumlah 215 orang yang terdistribusi dalam 7 kelas dengan kemampuan yang relatif sama. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A – VIII B yang dipilih dengan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Tes, Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Tanda untuk Median, Uji U dan Uji Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan uji tanda untuk median diperoleh nilai p-value = 0,000001 < 0,05 yang berdasarkan definisi efektivitas dalam penelitian ini, hasil ini menunjukkan ketidakefektifan pembelajaran Open Ended yang digunakan. Akan tetapi, berdasarkan hasil Uji U terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh fakta bahwa tidak terdapat perbedaan antara kelas Eksperimen dan kelas kontrol apabila ditinjau dari median kedua kelas tersebut. Kata kunci: efektivitas, open ended, kemampuan pemecahan masalah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301518306 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 02:50 |
Terakhir diubah: | 08 Feb 2023 02:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68948 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |