HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN KESIAPAN BELAJAR MANDIRI PADA MAHASISWA TAHUN KEDUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

DIAN PUSPITA, LARASATI (2023) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN KESIAPAN BELAJAR MANDIRI PADA MAHASISWA TAHUN KEDUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1245Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1279Kb) | Preview

Abstrak

Latar belakang: Mahasiswa kedokteran adalah seseorang yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang mempelajari ilmu kedokteran dengan asumsi memiliki tujuan menjadi dokter. Dalam meraih tujuan, mahasiswa kedokteran didukung oleh kurikulum SPICES (Student centered, Problem based, Integrated, Community based, Electives, dan Systematic) sehingga mahasiswa dituntut untuk dapat aktif, mandiri, dan mampu memecahkan masalah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa tahun kedua Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa tahun kedua Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yang berjumlah 186 sampel terpilih dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan pengisian The Short Self Regulation Questionnaire (TSSRQ) dan Self Directed Learning Readiness Scale (SDLRS). Data dianalisis dengan uji Spearman Rank Correlation. Hasil: Terdapat 71,5% responden memiliki regulasi diri yang sedang, 28,5% responden memiliki regulasi diri yang tinggi, 75,8% responden memiliki kesiapan belajar mandiri yang tinggi, 24,2% responden memiliki kesiapan belajar mandiri yang sedang, dan tidak terdapat responden yang memiliki regulasi diri dan kesiapan belajar mandiri yang rendah. Hasil uji analisis Spearman Rank Correlation menunjukkan terdapat hubungan dengan arah positif yang kuat antara regulasi diri dengan kesiapan belajar mandiri yang dibuktikan dengan P-value=0,001 < 0,05 dan koefisien korelasi 0,622. Simpulan: Terdapat hubungan antara regulasi diri dengan kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa kedokteran. Kata kunci: Kesiapan belajar mandiri, mahasiswa kedokteran, regulasi diri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301005957 . Digilib
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:00
Terakhir diubah: 08 Feb 2023 09:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69002

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir