PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG PERIODE 2022/2023 TERHADAP EARLY CLINICAL EXPOSURE

PUTU IKA, WIDYASARI (2023) PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG PERIODE 2022/2023 TERHADAP EARLY CLINICAL EXPOSURE. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF (Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF (Skripsi Full)
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1773Kb)
[img]
Preview
File PDF (Skripsi Tanpa Pembahasan)
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1551Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang: Early Clinical Exposure (ECE) merupakan pemaparan awal mahasiswa pada dunia klinis dalam bentuk praktik klinis. Pembelajaran ECE memiliki berbagai manfaat bagi mahasiswa. Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan ECE merupakan aspek penting dari peningkatan kualitas program pendidikan. FK Unila sudah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan ECE, tetapi penelitian mengenai persepsi mahasiswa terhadap ECE belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa PSPD FK Unila Periode 2022/2023 terhadap ECE dan mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa semester tiga dan tujuh terhadap ECE. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel berjumlah 314 mahasiswa dengan teknik pengambilan total sampling. Data yang digunakan merupakan data primer berupa kuesioner. Analisis statistik dilakukan dengan analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil: Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata persepsi mahasiswa semester tiga dan semester tujuh terhadap ECE masing-masing sebesar 3,83 (kategori baik) dan 3,93 (kategori baik). Tidak didapatkan perbedaan bermakna antara persepsi mahasiswa semester tiga dan semester tujuh terhadap ECE (p=0,90). Simpulan: Persepsi mahasiswa semester tiga dan semester tujuh PSPD FK Unila Periode 2022/2023 terhadap ECE adalah baik. Tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara persepsi mahasiswa semester tiga dan mahasiswa semester tujuh terhadap ECE. Kata kunci: persepsi, mahasiswa kedokteran, Early Clinical Exposure.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301604509 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:36
Terakhir diubah: 15 Feb 2023 02:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69266

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir