PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN 2 GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

YANTIANA, 1013066026 (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN 2 GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK. PTKdoc.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
cover ptk gw.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I, II, III.pdf

Download (482Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Bab IV,V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (422Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak

Rendahnya kemampuan menulis karangan siswa SDN 2 Gadingrejo merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan pemanfaatan media gambar guna meningkatkan kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan peningkatan kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman melalui pemanfaatan media gambar, khususnya siswa kelas V SDN 2 Gadingrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi . ii Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V SDN 2 Gadingrejo tahun pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 32 orang, terdiri atas 12 laki-laki dan 20 perempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan prasiklus siswa dalam menulis karangan berdasarkan pengalaman di bawah KKM sekolah tersebut yaitu 65,00 dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 50,5 dari 32 siswa yang tuntas 2 siswa dengan persentase 6% dan yang belum tuntas 30 siswa dengan persentase 94%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar, kemampuan menulis karangan pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 62,62 atau meningkat sebesar 12,57% sedangkan siswa yang tuntas 12 dari 32 siswa atau 30%. Selanjutnya, kemampuan menulis karangan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,31 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 13,31% dengan ketuntasan klasikal 28 siswa atau sebesar 92,5%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN 2 Gadingrejo.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Feb 2015 03:26
Terakhir diubah: 16 Feb 2015 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6977

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir