PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS IV-A SDN 1 TANJUNG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

YULIYATUN, 1113066009 (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS IV-A SDN 1 TANJUNG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK. PTKdoc.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover ptk gw.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I tugas PTK yuliyatun.pdf

Download (379Kb) | Preview
[img] File PDF
IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (482Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas peningkatan kemampuan menulis pantun dengan mempergunakan media kartu bergambar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media kartu bergambar yang tepat untuk meningkatkan prestasi pembelajaran siswa dan peningkatan prestasi menulis pantun dengan menggunakan media kartu bergambar pada siswa kelas IV-A SDN 1 Tanjung Agung Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desaign penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A SDN 1 Tanjung Agung Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 siswa. Data kemampuan menulis pantun siswa diambil melalui tes tertulis setelah pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar dan kegiatan observasi siswa. Penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian kemampuan menulis pantun sebagai berikut. Rata-rata keseluruhan hasil tes menulis pantun berdasarkan media kartu bergambar siswa kelas IV-A data prasiklus 1 sebesar 51,72, setelah siklus 1 sebesar 64,55, dan siklus 2 sebesar 74,20. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan (berarti) pada menulis pantun. Disimpulkan bahwa media kartu bergambar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran menulis pantun dalam pelajaran bahasa Indonesia, serta menjadikan media kartu bergambar yang sudah dikenal siswa sebagai media pembelajaran yang tepat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
> Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Feb 2015 03:24
Terakhir diubah: 16 Feb 2015 03:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7002

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir