PENOKOHAN DALAM NOVEL KATA: TENTANG SENJA YANG KEHILANGAN LANGITNYA KARYA RINTIK SEDU DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Rosa , Annisa Munar (2023) PENOKOHAN DALAM NOVEL KATA: TENTANG SENJA YANG KEHILANGAN LANGITNYA KARYA RINTIK SEDU DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (531Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1736Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1373Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana jenis penokohan dan teknik penokohan dalam novel Kata: Tentang Senja Yang Kehilangan Langitnya karya Rintik Sedu dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis tokoh, menjelaskan teknik pelukisan tokoh, dan menilai kelayakan jenis tokoh dan teknik pelukisan tokoh dalam novel Kata: Tentang Senja Yang Kehilangan Langitnya serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalan novel Kata: Tentang Senja Yang Kehilangan Langitnya karya Rintik Sedu dan diterbitkan oleh penerbit Gagas Media pada tahun 2018 dengan jumlah halaman 389 halaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis penokohan yang ditemukan dalam novel Kata: Tentang Senja yang Kehilangan Langitnya karya Rintik Sedu adalah tokoh utama, tokoh protagonis, tokoh antagonis, tokoh tambahan, tokoh sederhana, dan tokoh bulat. Kemudian, dalam teknik pelukisan tokoh ditemukan sebanyak 54 data dibagi menjadi teknik analitik dan teknik dramatic yang mencakup teknik cakapan, teknik tingkah laku, teknik pikiran dan perasaan, teknik reaksi tokoh, teknik reaksi tokoh lain, dan teknik pelukisan fisik. Jenis tokoh yang dominan dalam novel ini ialah tokoh utama dan tokoh protagonis kemudian, teknik pelukisan tokoh yang dominan adalah teknik dramatik. Selanjutnya, hasil penelitian penokohan dalam novel ini dimanfaatkan sebagai bahan ajar khususnya materi ajar di SMA kelas 12 semester genap pada KD 3.9 yakni menganalisis isi dan kebahasaan novel dan KD 4.9 merancang novel dan novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci: penokohan, jenis tokoh, teknik pelukisan tokoh, bahan ajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301109528 . Digilib
Date Deposited: 21 Mar 2023 01:03
Terakhir diubah: 21 Mar 2023 01:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70139

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir