Risman, Muhammad Sulaiman (2011) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011). Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (237Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (283Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (329Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (183Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (1345Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan berpikir matematis yang harus dikuasai siswa. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dan menarik, dimana siswa dapat belajar secara aktif untuk dapat menyelesaikan masalah dengan berbagai cara, salah satunya dengan pembelajaran matematika pendekatan dengan open ended. Pendekatan open-ended adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang memberi keleluasaan berpikir peserta didik secara aktif dan kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended kemampuan pemecahan masalah mate-matis siswa. Pendekatan ini dikatakan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa apabila nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih baik diban-dingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu, yaitu post-test only dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Melalui teknik Cluster Random Sampling diperoleh kelas VII.D dan VII.E sebagai sampel penelitian. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis pada pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan pendekatan open-ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci : Pengaruh, Pendekatan Open-Ended, dan Pemecahan Masalah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 08:06 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2014 08:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/704 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |