PENGARUH EFIKASI DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGA PANAH TAHUN AJARAN 2021/2022

NURANI , SHOLEHA BR GINTING (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGA PANAH TAHUN AJARAN 2021/2022. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (296Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2166Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1937Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa, 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siwa, 3) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, dan 4) Pengaruh efikasi diri, kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa secara bersamasama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa. Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tiga Panah Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 139 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa, yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F serta diolah dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh efikasi diri, kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tiga Panah dengan kadar determinasi sebesar 0,294 atau 29,4% prestasi belajar dipengaruhi efikasi diri, kecerdasan emosional dan motivasi belajar, serta sisanya sebesar 70,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh dan signifikan efikasi diri, kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tiga Panah. Kata Kunci : Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2301381824 . Digilib
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:20
Terakhir diubah: 13 Apr 2023 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70753

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir