PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN CREATIVE THINKING PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 TAMBAHREJO

Elfani, Ferdiyanti (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN CREATIVE THINKING PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 TAMBAHREJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2118Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1875Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Creative thinking peserta didik dalam proses pembelajaranan belum sepenuhnya dimiliki oleh peserta didik di SDN 1 Tambahrejo, sehingga perlu dikembangkannya creative thinking dalam proses pembelajaranan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap peningkatan creative thinking peserta didik kelas IV SDN 1 Tambahrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain Quasi-Eksperiment Designs dalam bentuk Non-Equivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini sebanyak enam puluh dua orang dan menggunakan teknikpengumpulan sampel purposive sampling dengan dua puluh dua orang sebagai kelompok eksperimen dan dua puluh dua orang sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan uji-T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model problem based learning pada peserta didik yang dikategorikan “Kuat”, hal tersebut diperkuat dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada hasil uji-T yaitu nilai signifikansi (2-Tailed) menunjukan sig lebih kecil hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Model problem based learning dinilai mampu dalam mengatasi peningkatan creative thinking ini karena model ini sendiri memiliki arti sebagai pembelajaranan yang memberikan masalah kepada peserta didik dan peserta didik diharapkan untuk menyelessaykan masalah tersebut dengan melaksanakan pembelajaranan yang aktif. Kata Kunci : creative thinking, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301714805 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:09
Terakhir diubah: 14 Apr 2023 03:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70817

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir