PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN

AYU , SOFIANA (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1650Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1398Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran crossword puzzle terhadap partisipasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Metode dalam penelitian ini yaitu metode quasy eskperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Natar. Sampel penelitian ini berjumlah 63 responden yang terdiri dari 32 responden kelas eksperimen dan 31 responden kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi sebagai teknik pokok dan angket sebagai teknik penunjang. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 24. Berdasarkan hasil observasi pada kelas eksperimen diperoleh adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran crossword puzzle terhadap partisipasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn dengan presentase 83,74% yang dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mendengarkan penjelasan guru, menyelesaikan teka-teki silang dan menyimpulkan materi pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran crossword puzzle terhadap partisipasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Kemudian terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata hasil angket antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan partisipasi belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran crossword puzzle dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Crossword Puzzle, Partisipasi Belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301160194 . Digilib
Date Deposited: 19 May 2023 06:57
Terakhir diubah: 19 May 2023 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71313

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir