PEMANFAATAN TURBIN ANGIN TIPE CYCLONE TURBINE VENTILATOR UNTUK PENGECASAN AKI DENGAN MENGGUNAKAN PRINSIP TRANSMISI RODA TIPE SPUR GEAR

RIZKY ESA, RAMADHAN (2023) PEMANFAATAN TURBIN ANGIN TIPE CYCLONE TURBINE VENTILATOR UNTUK PENGECASAN AKI DENGAN MENGGUNAKAN PRINSIP TRANSMISI RODA TIPE SPUR GEAR. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (28Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1663Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Telah dilakukan penelitian pemanfaatan turbin angin tipe cyclone turbine ventilator untuk pengecasan aki dengan menggunakan prinsip transmisi roda tipe spur gear. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh kecepatan angin terhadap kecepatan turbin, mengetahui hubungan variasi perbandingan rasio jumlah gigi gear driven dalam mentransimisikan kecepatan turbin ke generator untuk pengecasan aki dan mengetahui efisiensi yang dapat dihasilkan oleh turbin angin tipe cyclone dalam mengkonnversi energi terbarukan angin menjadi energi listrik. Jumlah rasio gigi gear driven yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 10 gigi, 15 gigi, dan 20 gigi. Penelitian dilakukan di Pantai Tanjung Tua, Bakauheni, Lampung Selatan pada hari Minggu, 08 Januari 2023 dimulai pukul 12:00 WIB sampai dengan pukul 15:00 WIB. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa total peningkatan tegangan aki selama 3 jam dilakukan pengecasan menggunakan ketiga rasio gear diriven secara bergantian adalah sebesar 5 V. Efisiensi turbin tertinggi dalam mengkonversi energi terbarukan angin menjadi energi listrik tercapai sebesar 1,843% pada saat menggunakan gear driven dengan rasio gigi 10.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2301166049 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:06
Terakhir diubah: 16 Jun 2023 03:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72317

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir