KAJIAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN TERHADAP KEBERADAAN TAHURA WAN ABDUL RACHMAN PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO

Eksya Fahira, Putri (2023) KAJIAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN TERHADAP KEBERADAAN TAHURA WAN ABDUL RACHMAN PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1738Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1659Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji sikap peduli lingkungan siswa SMP Negeri 2 Pesawaran terhadap keberadaan Tahura Wan Abdul Rachman pada penerapan model Problem Based Learning berbantuan video. Selain itu dikaji pula dimensi sikap dan pengetahuan yang memiliki rerata nilai tertinggi dan paling dikuasai siswa pada materi pencemaran lingkungan. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pesawaran. Sampel dicuplik dari populasi dengan teknik cluster rdanom sampling dan diperoleh kelas VIII.7 dengan jumlah siswa 31 orang. Data penelitian ini berupa nilai hasil belajar kognitif dan skor angket sikap peduli lingkungan terhadap keberadaan Tahura WAR. Teknik pengambilan data berupa pretest-posttest soal pilihan jamak dan angket pernyataan sikap peduli lingkungan akan keberadaan Tahura WAR sebelum dan sesudah penerapan model PBL berbantuan video. Hasil penelitian menghasilkan peningkatan rerata nilai posttest menjadi 72,10 dari nilai pretest sebesar 47,58. Selain itu terdapat peningkatan sikap peduli lingkungan setelah diterapkan model PBL berbantuan video menjadi kategori tinggi dibdaningkan dengan sebelumnya yang berkategori cukup. Dimensi sikap yang memliki rerata nilai paling tinggi adalah kognisi dan dimensi pengetahuan yang memiliki rerata nilai paling tinggi adalah dimensi faktual.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301437820 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:14
Terakhir diubah: 19 Jun 2023 08:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72466

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir