PENGEMBANGAN e-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP/MTs

UMMUL , USLIMA (2023) PENGEMBANGAN e-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP/MTs. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS UMMUL USLIMA LENGKAP.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2211Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS UMMUL USLIMA TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1677Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis Socio Scientific Issue (SSI) yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan empat tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B di MTs Nur El-Ihsan Katibung yang berjumlah 30 siswa tiap kelasnya. Desain uji coba yang peneliti gunakan yakni Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa 1) e-modul interaktif berbasis SSI dinyatakan valid ditinjau dari aspek kelayakan isi dan konstruksi 2) e-modul interaktif berbasis SSI praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari respon siswa mendapatkan skor rata-rata 93,25% dengan kategori sangat tinggi dan mendapatkan skor rata-rata 89,80% dengan kategori sangat tinggi; 3) e-modul interaktif berbasis SSI efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen 0,48 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,15 dengan kategori rendah. Serta berdasarkan perhitungan effect size kelas eksperimen mendapatkan nilai 1,13 dengan arti memiliki pengaruh yang kuat dan kelas kontrol mendapatkan nilai 0,16 dengan arti memiliki pengaruh yang lemah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis SSI hasil pengembangan dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : e-modul interaktif, Socio Scientific Issue, kemampuan berpikir kritis

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 2301789879 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:04
Terakhir diubah: 27 Jun 2023 04:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73203

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir