ALYA , NARULITA (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1551Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1350Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 201 siswa yang terdistribusi ke dalam 6 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 yang berjumlah 34 siswa dan VIII 2 yang berjumlah 33 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U menunjukkan bahwa median data kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti discovery learning lebih tinggi daripada median data kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti discovery learning lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji kesamaan dua proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti discovery learning lebih tinggi daripada kelas yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: discovery learning, kemampuan komunikasi matematis, pengaruh.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301614726 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:16 |
Terakhir diubah: | 05 Jul 2023 08:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73349 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |