ANIS , TASYANI (2023) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM RANGKAIAN BATERAI SEKUNDER UNTUK LAMPU PENERANGAN GUNA MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
File PDF (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2599Kb) |
||
|
File PDF (SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2299Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat praktikum rangkaian baterai sekunder untuk lampu penerangan yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi Listrik Arus Searah (DC) di sekolah, serta untuk menstimulus keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design & Development Reasearch (DDR) yang terdiri dari 4 tahap yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Sebelum digunakan dalam pembelajaran, alat praktikum ini terlebih dahulu dilakukan uji validasi dan uji kepraktisan alat. Pada uji kepraktisan alat dilakukan melalui uji keterlaksanaan, uji persepsi guru, uji respon siswa dan observasi keterampilan proses sains siswa. Hasil uji validasi terhadap alat praktikum rangkaian beterai sekunder yang dilakukan oleh para ahli memperoleh presentase rata-rata skor sebesar 3,73 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang diperoleh dengan mengujikan alat praktikum rangkaian baterai sekunder terhadap 10 siswa dan guru fisika di SMAN 15 Bandar Lampung, memperoleh persentase rata-rata skor sebeesar 84% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kepraktisan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa alat praktikum rangkaian beterai sekunder yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran Listrik Arus Searah (DC) sehingga dapat menstimulus keterampilan proses sains siswa. Kata kunci: Alat praktikum, Baterai Sekunder, Keterampilan Proses Sains, Listrik Arus Searah (DC).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2301131443 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 08:26 |
Terakhir diubah: | 13 Jul 2023 08:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73457 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |