PENGARUH E-LKPD BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 TANJUNGSARI

Pentadinata, Sipahutar (2023) PENGARUH E-LKPD BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 TANJUNGSARI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (Anyone)
ABSTRAK.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img] File PDF (Registered staff only)
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1302Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (Anyone)
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1436Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis model Discovery Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Tanjungsari. Penelitian ini merupakan penelitian quasi- eksperimental dengan desain pretest-posttest non-equialent control group design. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungsari tahun ajaran 2022-2023. Dari populasi diambil dua kelompok kelas sebagai sampel dengan teknik random sampling, didapatkan kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan angket. Instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda mengukur kemampuan literasi sains siswa pada aspek literasi sains yakni aspek kompetensi. Instrumen angket berisi pertanyaan terkait respon siswa terhadap pembelajaran IPA Terpadu menggunakan E-LKPD berbasis Discovery Learning. Analisis data dilakukan dengan uji statistik independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan kelas eksperimen yang menggunakan E-LKPD berbasis Discovery Learning memperoleh rata-rata skor N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor N-Gain sebesar 0,23 dengan kategori rendah. Peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen juga terlihat pada aspek kompetensi. Persentase hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran mendapatkan rerata 72,81yang dapat diinterpretasikan sebagai respon yang baik. Uji independent sample t-test terhadap skor N-Gain siswa menunjukan hasil sig. (2-tailed) < 0,05 maka membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata peningkatan kemampuan literasi sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunakan E- LKPD berbasis model Discovery Learning terhadap ketercapaian kemampuan literasi sains siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301843779 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:50
Terakhir diubah: 26 Jul 2023 06:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73732

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir