Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Tari Bedana Pada Materi Sistem Gerak

Nafista Resti, Amalia (2023) Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Tari Bedana Pada Materi Sistem Gerak. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3142Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (Skripsi tanpa bab pembahasan)
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1118Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul digital interaktif berbasis kearifan lokal tari bedana pada materi sistem gerak, mengetahui kelayakan modul digital interaktif berbasis kearifan lokal pada materi sistem gerak, dan mengetahui keefektifan modul digital interaktif berbasis kearifan lokal pada materi sistem gerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model Research and Development milik Sugiyono (2019). Subjek penelitian ini adalah subjek validasi yang terdiri dari validator ahli untuk menilai kelayakan produk yang dibuat dan subjek uji coba yang terdiri dari siswa kelas XI IPA SMA. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan wawancara dan melakukan penyebaran angket. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif berupa data jawaban angket pengungkap kebutuhan siswa, data hasil wawancara kepada guru, serta data masukan dan saran dari validator uji ahli, sedangkan data kuantitaif terdiri dari data skor uji kelayakan produk dari validator uji ahli, data skor uji kelayakan dari siswa, serta data hasil belajar kognitif siswa. Dalam penelitian ini terdapat penilaian kelayakan dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, ahli budaya, ahli praktisi, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat layak digunakan dalam pembelajaran, ditinjau dari nilai kelayakan materi sebesar 93%, kelayakan bahasa sebesar 78%, kelayakan media sebesar 93%, kelayakan budaya sebesar 89%, dan kelayakan praktisi sebesar 100%. Hasil uji coba terbatas pada siswa juga mendapatkan respon positif sebesar 91%, sedangkan pada uji coba pemakaian mendapatkan hasil nilai N-Gain 0,72 dengan kategori tinggi yang berarti terjadi peningkatan yang tinggi pada hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji efektifitas yang dilakukan mendapatkan hasil nilai signifikansi 0,08 yang menandakan bahwa modul yang dikembangkan berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, dengan demikian modul digital interaktif yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301764997 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:54
Terakhir diubah: 03 Aug 2023 04:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74046

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir