EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI ASAM-BASA MENURUT ARRHENIUS

MUHAMMAD , ARU SAPUTRA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI ASAM-BASA MENURUT ARRHENIUS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2994Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2672Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran SimaYang berbasis etnosains nyeruit untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi asam-basa menurut Arrhenius. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata secara statistik parametrik dengan independent samples ttest. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa meskipun rata-rata nilai n-gain di kedua kelas penelitian berkriteria sedang, akan tetapi terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai n-gain KPS siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan rata-rata nilai n-gain KPS siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains nyeruit efektif untuk meningkatkan KPS siswa pada materi asambasa menurut Arrhenius. Kata Kunci: SiMayang, etnosains nyeruit, keterampilan proses sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301806324 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:47
Terakhir diubah: 08 Aug 2023 08:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74313

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir