Dea Milliony , Putri (2023) ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI LISAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMPN 3 NATAR PASCA PANDEMI COVID-19. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3999Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan argumentasi lisan peserta didik dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhinya pada pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 3 Natar pasca pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Natar. Sampel dicuplik dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII.A dengan jumlah peserta didik 32 orang dan kelas VIII.B sebanyak 33 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah desain survei metode cross section. Data penelitian ini berupa kemampuan argumentasi lisan peserta didik dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Data dikumpulkan melalui perekaman audio-visual, observasi, dan angket tanggapan guru dan peserta didik selama pembelajaran daring dan tatap muka. Hasil rekaman audio-visual dianalisis melalui pembuatan transkrip, reduksi data, dan penentuan tingkat kemampuan argumentasi lisan. Data hasil observasi dan angket dianalisis dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan argumentasi lisan peserta didik SMP Negeri 3 Natar adalah 11,93% yang berkriteria sangat rendah dan hanya 17,25% peserta didik yang berargumentasi lisan dalam pembelajaran. Peserta didik hanya dapat menyampaikan argumen yang terdiri atas claim dan data, tidak ada warrant dan backing yang mendukung argumennya. Kemampuan argumentasi lisan peserta didik SMP Negeri 3 Natar yang masih sangat rendah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: 1) pemahaman materi peserta didik masih kurang untuk beragumentasi; 2) model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum memberdayakan kemampuan beragumentasi peserta didik; dan 3) media yang digunakan saat pembelajaran daring adalah video dan powerpoint, tetapi pada tatap muka hanya menggunakan gambar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2301909048 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Aug 2023 05:12 |
Terakhir diubah: | 12 Aug 2023 05:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74599 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |