PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP AL-HUDA JATIAGUNG

DEWI SINTA, RAHAYU (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP AL-HUDA JATIAGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1642Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (859Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terintegrasi Science, Environment, Technology and Society terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di SMP Al-Huda Jatiagung. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 26 peserta didik dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 37 peserta didik dari kelas VII B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain yang digunakan adalah non equivalent control group design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa soal tes dalam bentuk essay untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan data kualitatif berupa angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model PBL terintegrasi SETS. Analisis data kuantitatif menggunakan uji independent sample t test dan data tanggapan peserta didik akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dalam bentuk persentase. Hasil uji skor rata-rata N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang dan kelas kontrol berada pada kategori rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 ˂ 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hasil tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kedua kelas. Dengan demikian, model PBL terintegrasi SETS berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil angket tanggapan peserta didik juga menunjukkan respon dengan kategori baik yang memiliki rata-rata 78,27%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301869129 . Digilib
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:01
Terakhir diubah: 14 Aug 2023 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74621

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir