Hubungan Hasil Belajar Kognitif dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMP Negeri 18 Bandar Lampung

Anisa, Mulyani (2023) Hubungan Hasil Belajar Kognitif dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMP Negeri 18 Bandar Lampung. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI ANISA MULYANI-abstrak.pdf

Download (2255Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI ANISA MULYANI-Skripsi full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3807Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI ANISA MULYANI-Skripsi full tanpa pembahasan.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar kognitif dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik di SMP Negeri 18 Bandar Lampung. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 59 orang yang terbagi menjadi kelas VII C (30 orang) dan kelas VII D (29 orang) dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis dengan uji korelasi Rank Spearman (α<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar kognitif dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan (Sig. 0,03<0,05) dengan koefisien korelasi sebesar 0,28 menunjukkan keeratan hubungan yang cukup menuju arah positif. Dengan demikian, hasil belajar kognitif dengan model Problem Based Learning (PBL) memiliki hubungan yang signifikan terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik di SMP Negeri 18 Bandar Lampung. Kata kunci: hasil belajar kognitif, model Problem Based Learning, sikap peduli lingkungan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301061026 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:23
Terakhir diubah: 15 Aug 2023 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74715

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir