PENGARUH KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF OLEH PENGGERAK PAYUNGI TERHADAP KEBERHASILAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI PADA KELOMPOK MASYARAKAT PASAR YOSOMULYO PELANGI, METRO)

RIDHO , EFENDI (2023) PENGARUH KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF OLEH PENGGERAK PAYUNGI TERHADAP KEBERHASILAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI PADA KELOMPOK MASYARAKAT PASAR YOSOMULYO PELANGI, METRO). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2815Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2444Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mengkaji seberapa besar pengaruh komunikasi pembangunan partisipatif yang dilakukan oleh penggerak Payungi terhadap keberhasilan program pemberdayaan masyarakat pada kelompok masyarakat Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi), Kota Metro. Kajian pustaka pada penelitian ini diantaranya teori difusi inovasi, komunikasi pembangunan partisipatif, dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Peneliti pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian sebab-akibat atau eksplanation. Penelitian ekplanasi menjelaskan hubungan antar variabel yang diteliti dengan menguji hipotesis yang telah dirumuskan yaitu Pengaruh Komunikasi Pembangunan Partisipatif Oleh Penggerak PAYUNGI (variabel X) dan Keberhasilan Program Pemberdayaan Masyarakat (variabel Y). Pada penelitian ini, peneliti mengambil jenis penelitian populasi yang artinya peneliti melakukan pengambilan data secara keseluruhan terhadap 105 orang responden. Data penelitian ini diukur dengan skala likert . Alat analisis yang digunakan adalah IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pembangunan partisipatif yang dilakukan oleh penggerak PAYUNGI berpengaruh positif terhadap keberhasilan program pemberdayaan masyarakat sebesar 60,2 %. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima serta dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi pembangunan partisipatif oleh penggerak PAYUNGI terhadap keberhasilan program pemberdayaan masyarakat. Kata Kunci: Komunikasi Pembangunan Partisipatif, Penggerak Payungi, Pemberdayaan Masyarakat Payungi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301646509 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2023 09:23
Terakhir diubah: 23 Aug 2023 09:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75227

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir