PENGARUH MOTIVASI KERJA, KETERLIBATAN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI (Studi Pada Karyawan Milenial di Indonesia)

DINA , SEPTIANA (2023) PENGARUH MOTIVASI KERJA, KETERLIBATAN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI (Studi Pada Karyawan Milenial di Indonesia). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2143Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1860Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja, keterlibatan kerja, dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada karyawan milenial di Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif eksplanatori. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni purposive sampling, dengan jumlah responden yang didapatkan sebanyak 385 orang. Kuesioner disebarkan ke seluruh karyawan milenial di Indonesia secara online melalui Twitter, Telegram, Whatsapp, dan Instagram. Data tersebut diolah menggunakan skala nominal dan likert. Alat uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SPSS versi 26 dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa motivasi kerja, keterlibatan kerja, dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 83,0% terhadap komitmen organisasi. Sedangkan untuk hasil pengujian secara parsial masing-masing variabel berpengaruh positif dan signifikan, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi sebesar 23,7%, keterlibatan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi sebesar 61,6%, dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi sebesar 10,5%. Pada penelitian ini peran atasan menjadi faktor penting dalam meningkatkan komitmen karyawan milenial terhadap organisasi, karena dengan komitmen, karyawan akan memilih bertahan dalam organisasi. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Keterlibatan Kerja, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 2308976066 . Digilib
Date Deposited: 27 Sep 2023 08:52
Terakhir diubah: 27 Sep 2023 08:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75910

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir