Pengaruh Strategi Pembelajaran Multipel Representasi Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Teknologi Ramah Lingkungan

Maricha Marulina, Nainggolan (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Multipel Representasi Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Teknologi Ramah Lingkungan. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2459Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2202Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan strategi pembelajaran multipel representasi berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Metode penelitian dilakukan dengan memberikan perlakukan strategi pembelajaran multipel representasi berbasis STEM di kelas eksperimen dan metode diskusi di kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Data penelitian didapatkan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif serta lembar observasi untuk mengetahui peningkatan kemampuan kolaborasi. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran multipel representasi berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik dengan nilai signifikansi uji Mann Whitney-U untuk kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi sama-sama sebesar 0,000 < 0,050. Dilakukan juga uji pengaruh (effect size) yang menunjukkan nilai 1,4 (berpikir kreatif); 2,0 (kolaborasi) dengan interpretasi efektivitas keduanya ialah besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan multipel representasi berbasis STEM berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik. Penggunaan strategi pembelajaran ini dapat dijadikan guru untuk mengeksplorasi kemampuannya dalam mengajar dengan menggunakan strategi pembelajaran multipel representasi berbasis STEM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308216642 . Digilib
Date Deposited: 07 Oct 2023 03:08
Terakhir diubah: 07 Oct 2023 03:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76169

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir