KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN LKPD BERBASIS PROJECT PADA PEMBELAJARAN INTERFERENSI CAHAYA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI

Olivya, Isabel Malau (2023) KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN LKPD BERBASIS PROJECT PADA PEMBELAJARAN INTERFERENSI CAHAYA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3094Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1704Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis project pada pembelajaran interferensi cahaya untuk melatihkan keterampilan proses sains dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 SMAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Desain yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan, yaitu observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes uraian, observasi KPS, dan Self Assessment Keterampilan Kolaborasi. Data diuji menggunakan uji independent sample t-test, effect size, ANCOVA dan uji N-Gain. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model PBL mencapai 89,03% dengan kategori sangat baik, sedangkan nilai keefektifan pembelajaran dengan model PBL mendapatkan rata-rata persentase sebesar 72% dengan kategori sangat efektif terlihat dari rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa keterampilan proses sains pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini didukung hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig (2- tailed) sebesar 0.000 dapat diambil keputusan bahwa terdapat perbedaan KPS yang menggunakan LKPD berbasis project dengan kelas konvensional pada pembelajaran interferensi cahaya. Nilai Sig (2-tailed) uji hipotesis keterampilan kolaborasi sebesar 0.027 dapat diambil keputusan bahwa terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi yang menggunakan LKPD berbasis project dengan kelas kontrol yang menggunakan LKPD konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan LKPD berbasis project praktis dan efektif dapat melatihkan KPS dan keterampilan kolaborasi peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308219318 . Digilib
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:14
Terakhir diubah: 10 Oct 2023 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76241

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir