PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

SHASA DEVA, RIYATNO (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (File Abstrak)
SHASA DEVA RIYATNO_ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (225Kb) | Preview
[img] File PDF (File skripsi full tanpa lampiran)
SHASA DEVA RIYATNO_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1619Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (File skripsi full tanpa pembahasan dan lampiran)
SHASA DEVA RIYATNO_SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1673Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan pola nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII (delapan) semester genap di SMP Negeri 1 Metro tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian kelas VIII. 6 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII. 7 sebagai kelompok kontrol yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pemberian tes dan angket. Tes berbentuk soal esai (uraian) dengan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Data tes kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan perhitungan nilai N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sampel t-test. Data angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan kelompok kontrol sebesar 0,29 dengan kategori rendah. Hasil uji independent sampel t-test memeroleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan Liveworksheets berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi sistem ekskresi manusia. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru sebagai referensi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308566313 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:34
Terakhir diubah: 12 Oct 2023 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76336

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir