PENGARUH ETNO-KOMIK REPONG DAMAR BERBASIS STEM TERHADAP LITERASI SAINS DAN EKOLITERASI PESERTA DIDIK

Inggrid, Purwaningtyas (2023) PENGARUH ETNO-KOMIK REPONG DAMAR BERBASIS STEM TERHADAP LITERASI SAINS DAN EKOLITERASI PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI INGGRID - ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI INGGRID - FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1562Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI INGGRID - TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1093Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemanfaatan media Etno-Komik Repong Damar Berbasis STEM dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan ekoliterasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group. Sampel penelitian berjumlah 61 peserta didik yang terdiri dari kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan penggunaan media Etno-Komik Repong Damar Berbasis STEM, sedangkan di kelas kontrol menggunakan media Power Point. Data kemampuan literasi sains didapatkan dari hasil pre-test dan post-test serta data kemampuan ekoliterasi didapatkan dari hasil angket. Kedua data tersebut dianalisis menggunakan uji hipotesis Independent Sample T-test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 untuk kemampuan literasi sains dan ekoliterasi. Rata-rata N-gain kemampuan literasi sains kelas eksperimen sebesar 0,50 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 0,20. Rata-rata N-gain kemampuan ekoliterasi kelas eksperimen sebesar 0,53 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai N-gain 0,24. Dilakukan juga uji pengaruh (effect size) yang menunjukkan nilai 1,67 (literasi sains); 1,93 (ekoliterasi) dengan interpretasi efektivitas keduanya ialah tinggi. Dengan demikian, pemanfaatan media Etno-Komik Repong Damar Berbasis STEM berpengaruh signifikan dalam meningkatkan literasi sains dan ekoliterasi peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308150185 . Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:10
Terakhir diubah: 20 Oct 2023 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76658

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir