PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD LIVEWORKSHEETS TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA

UMMUL, SHAFIRA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD LIVEWORKSHEETS TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi ful.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1459Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi ful tampa bab pembahsan.pdf

Download (1423Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD liveworksheets terhadap self efficacy dan hasil belajar kognitif biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Jenis Penelitian ini adalah quasi exsperimen (eksperimen semu). Sampel penelitian ini terdiri atas 57 peserta didik kelas VII B dan VII C yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data self efficacy yang diperoleh melalui penyebaran angket, kemudian dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD Liveworksheest berpengaruh sebesar 70% terhadap self efficacy siswa. Untuk data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif yang terdiri atas pretest, posstest, dan N-gain. Hasil uji Independent Sampel t-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,001< 0,05 yang bermakna H 1 diterima dan H ditolak. Hal ini ditunjukkan pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen 0,602 (sedang) dan kelas kontrol 0,462 (Sedang) sehingga H diterima dan H ditolak. Kenaikan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen pada aspek C2 sebesar 74%, C3 sebesar 75%, C4 sebesar 78%, dan C5 sebesar 82%. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai sig 0,028<0,05 yang bermakna bahwa tingkat self efficacy siswa memiliki hubungan yang cukup dengan hasil belajar kognitif. Dengan demikian terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan LKPD Liveworksheets terhadap self efficacy dan hasil belajar kognitif biologi siswa. 0 Kata Kunci: Problem Based Learning, LKPD Liveworksheets, Self-efficacy, Hasil Belajar Kognitif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2308867962 . Digilib
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:33
Terakhir diubah: 06 Nov 2023 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76815

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir