EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RENANG GAYA DADA DENGAN MODEL VISUALISASI TERHADAP GERAK DASAR RENANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI DI SD NEGERI 8 METRO PUSAT

ARSY, CHANDNI NARATAMA (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RENANG GAYA DADA DENGAN MODEL VISUALISASI TERHADAP GERAK DASAR RENANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI DI SD NEGERI 8 METRO PUSAT. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas pembelajaran renang gaya dada dengan model visualisasi terhadap gerak dasar renang pada siswa sekolah dasar kelas tinggi di SD Negeri 8 Metro Pusat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 20 siswa. Sampel yang digunakan adalah total sampling dengan mengambil sampel dimana keseluruhan dari jumlah populasi yang ada yakni 20 siswa SD Negeri 8 Metro Pusat. Dari hasil penelitian analisis data diperoleh nilai t-hitung = 15 > t-tabel = 2,262 taraf signifikan α 5% pada siswa putra dan t-hitung = 13,856 > t-tabel = 2,262 taraf signifikan α 5% pada siswa putri, derajat kebebasan dk = N-1 = 10-1 = 9, yang berarti ada perbedaan yang signifikan data hasil pre test dan post test putra dan putri. Karena t-hitung 15 > t-tabel 2,262 pada siswa putra dan t-hitung 13,856 > t-tabel 2,262 dapat disimpulkan bahwa ada penerapan model pembelajaran visualisasi efektif terhadap gerak dasar renang gaya dada pada siswa sekolah dasar kelas tinggi di SD Negeri 8 Metro Pusat (diterima). Kata Kunci : Pembelajaran, Visualisasi, Gerak Dasar. This study aims to identify the effectiveness of learning breaststroke swimming with a visualization model of basic swimming motion in elementary school students at SD Negeri 8 Metro Pusat. The method used is the experimental method with a population of 20 students. The sample used is total sampling bytaking a sample where the entire population is students of SD Negeri 8 Metro Pusat, totaling 20 people. From the results of the data analysis research, it was obtained that t-count = 15 >t-table = 2.262 significant level α 5% for male students and t-count = 13.856 > ttable = 2.262 significant level α 5% for female students, degrees of freedom dk = N-1 = 10-1 = 9, which means that there is a significant difference in the pre-test and post-test data for boys and girls. Because t-count 15 > t-table 2.262 for malestudents and t-count 13.856 > t-table 2.262 it can be concluded that there is anapplication of an effective visualization learning model for the basic motion ofbreaststroke swimming in high grade elementary school students at SD Negeri 8Metro Pusat (accepted). Keywords : Learning, Visualization, Basic Movement.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: 2308988202 . Digilib
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:49
Terakhir diubah: 29 Nov 2023 02:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76994

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir