IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MEINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

ELIN, MELINDA (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MEINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. FAKULTAS KEGURUAN DAN IILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1703Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1400Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan STEM pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 15 Bandar Lampung menggunakan penelitian eksperimen dengan non-equivalent control group. Data penelitian dikumpulkan melalui soal tes pada materi gelombang bunyi. Data keterampilan berpikir kritis dianalisis dengan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample T-test, uji independent sample T-Test, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,63 dan kelas kontrol sebesar 0,35 termasuk kategori sedang. Hasil uji paired sample T-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil uji independent sample T-Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata N-gain keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 0,99 dengan kategori besar. Berdasarkan hasil tersebut model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan STEM dapat meningkaktan keterampilan berpikir kritis peserta didik secara signifikan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308216031 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:27
Terakhir diubah: 15 Dec 2023 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77412

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir