PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK NEGERI 1 KOTABUMI

DONA , SASMITA (2023) PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK NEGERI 1 KOTABUMI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2978Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1400Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Module Interaktif Berbasis Moodle pada mata pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 1 Kotabumi yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D) yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian yaitu Dosen Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Lampung, Pendidik dan Peserta Didik Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Kotabumi. Data diperoleh melalui pengisian angket dengan metode analisis yang melibatkan aspek kuantitatif dan kualitatif, termasuk komentar, kritik, dan saran dari validator. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: 1) E-Module interaktif berbasis moodle pada mata pelajaran Pemrograman Web telah memenuhi kriteria validasi yaitu diperoleh nilai rata-rata dari uji validasi materi dan uji validasi media sebesar 91,2% dengan pernyataan kualitatif validasi sangat baik; 2) Hasil uji kepraktisan E-Module berdasarkan uji persepsi pendidik, mendapatkan nilai rata-rata 97,5% dan berdasarkan uji persepsi peserta didik, mendapatkan nilai rata-rata 83,2% dalam pernyataan kualitatif sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan E-Module yang dikembangkan memiliki validasi sangat baik dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: E-Module, Interaktif, Moodle, Pengembangan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2308047958 . Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:35
Terakhir diubah: 18 Dec 2023 02:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77503

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir