PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung)

Gustin , Amelia Pratiwi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2849Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3289Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3301Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran multi representasi terhadap Higher Order Thinking Skills peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dalam pembelajaran materi pokok perubahan lingkungan. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung kelas X yang berjumlah 216 peserta didik dan tersebar ke dalam enam kelas. Adapun sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dari seluruh populasi, sehingga didapatkan sampel yang tersebar di dua kelas yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 peserta didik dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 peserta didik. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran multi representasi sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa hasil tes kemampuan HOTS peserta didik. Data peningkatan HOTS diperoleh melalui pretest dan posttest yang hasilnya dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U-Test dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model multi representasi terhadap HOTS peserta didik di kelas eksperimen pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan rata-rata N-gain sebesar 0,6 yang berkategori sedang. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,3 yang berkategori rendah. Peningkatan tertinggi pada indikator C6 (mencipta) dan terendah pada indikator C5 (mengevaluasi). Kata Kunci: multi representasi, Higher Order Thinking Skills

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308009257 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:30
Terakhir diubah: 19 Dec 2023 01:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77586

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir