PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI TRACKER UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MATERI GERAK LURUS BERATURAN

NAFI’ , NOOR HAKIM (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI TRACKER UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MATERI GERAK LURUS BERATURAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2072Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1513Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis inquiry berbantuan aplikasi tracker pada materi gerak lurus untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari empat tahap penelitian yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan produk, uji validasi ahli, uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil uji keterbacaan dan uji persepsi guru, serta uji keefektifan yang diperoleh dari hasil uji respon peserta didik. Hasil uji kevalidan yang dilakukan diperoleh persentase penilaian sebesar 87% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis angket persepsi guru diperoleh persentase penilaian sebesar 87% dengan kategori sangat baik. Uji respon peserta didik diperoleh persentase penilaian sebesar 73% dengan kategori baik. Uji stimulus kemampuan berpikir kreatif melalui pretest-posttest. Teknik analisis menggunakan N-gain dan uji hipotesis dengan menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 dengan taraf kepercayaan 95%, diperoleh bahwa terdapat pengaruh signifikan dari pembelajaran menggunakan media analisis tracker terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Selain itu, hasil uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,69 dengan kenaikan 33% sehingga menunjukan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah diberikan treatment Uji stimulus keterampilan komunikasi diperoleh hasil 61% dengan kategori baik. Berdasarkan uji kelayakan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD ini layak digunakan dalam pembelajaran geraklurus beraturan pada materi gerak lurus disekolah sehingga dapat menstimulus kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi siswa. Kata kunci: e-LKPD, Model Pembelajaran Inquiry, Aplikasi Tracker, Kemampuan Berpikir Kreatif, Keterampilan Komunikasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308539239 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:33
Terakhir diubah: 20 Dec 2023 02:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77695

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir