EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

JENIA , HENDISKA (2023) EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1846Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (690Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD berbasis multipel representasi kimia dengan model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 1-XI IPA 6 SMA Negeri 7 Bandarlampung Tahun Ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu the Matching-only pretes-posttes control group design. Analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan komunikasi di kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata n-gain keterampilan komunikasi di kelas kontrol. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis multipel representasi kimia dengan model discovery learning secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Kata kunci: LKPD, multipel representasi, discovery learning, larutan penyangga, keterampilan komunikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308440342 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:24
Terakhir diubah: 26 Jan 2024 03:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78219

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir