JENIA , HENDISKA (2023) EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1846Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (690Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD berbasis multipel representasi kimia dengan model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 1-XI IPA 6 SMA Negeri 7 Bandarlampung Tahun Ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu the Matching-only pretes-posttes control group design. Analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan komunikasi di kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata n-gain keterampilan komunikasi di kelas kontrol. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis multipel representasi kimia dengan model discovery learning secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Kata kunci: LKPD, multipel representasi, discovery learning, larutan penyangga, keterampilan komunikasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308440342 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 03:24 |
Terakhir diubah: | 26 Jan 2024 03:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78219 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |