PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

GITA, PUTRI RAHMAWATI (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2307Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1904Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Bandar Lampung pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas X.1 dan X.2. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dilakukan menggunakan teknik tes, berupa 20 butir soal uraian. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05, artinya pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan. Rata-rata N-Gain kedua kelas sampel secara keseluruhan berada pada kategori sedang, dengan selisih rata-rata N-Gain sebesar 0,12, dimana rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan lebih baik. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis; Pembelajaran Berdiferensiasi; Problem Based Learning (PBL).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308460266 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:54
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 01:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79152

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir