PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SUHU DAN KALOR

PRETI , HERDILA (2024) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SUHU DAN KALOR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3159Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2954Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Modul berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif pada materi suhu dan kalor untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari empat tahap penelitian yaitu analysis, design, development, dan evaluation dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji respon peserta didik, dan uji persepsi guru, uji keefektifan terdiri dari uji normalitas, NGain, dan uji Paired Sample T-Test. Hasil uji validitas didapatkan skor rata-rata sebesar 3,50 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan pada uji keterbacaan didapatkan skor rata-rata sebesar 82,64 yang terkategori sangat terbaca, pada uji respon peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 82,7 yang terkategori sangat baik, dan uji persepsi guru diperoleh skor rata-rata sebesar 83,3 yang terkategori sangat baik. Hasil uji keefektifan berdasarkan hasil N-Gain pretestposttest peserta didik didapatkan nilai rata-rata sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Kata kunci: e-Modul, kemampuan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran berbasis masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308428288 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:26
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79217

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir